Sekilas Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Setiap anak merupakan individu yang unik. Tidak ada anak yang sama dan diantara mereka terdapat anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan berbeda karena mereka terhambat baik secara fisik, psikologis, kognitif, ataupun sosial. Dengan kondisi tersebut, mereka membutuhkan pelayanan dan pendidikan khusus untuk mencapai potensi yang dimilikinya.

Kebutuhan khusus yang paling banyak dijumpai di SARANA adalah Autisma. Individu dengan Autisma memiliki keterbatasan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku. Dengan keterbatasan yang dimilikinya, individu dengan Autisma membutuhkan berbagai jenis penanganan yang terpadu.

   

 

Kasus lain yang juga ditemui seperti misalnya ADHD/ADD, Down Syndrome, dan Cerebal Palsy yang juga mendapatkan pelayanan khusus di SARANA. Individu dengan ADHD / ADD memiliki keterbatasan dalam pemusatan perhatian yang dapat disertai dengan hiperakitivitas dan perilaku impulsive. Cerebral Palsy adalah suatu gangguan pada pergerakan dan postur yang disebabkan oleh cedera otak; sedangkan Down Syndrome merupakan gangguan pada kemampuan intelektual yang disertai dengan bebagai karakteristik secara fisik.

Setiap kebutuhan khusus membutuhkan berbagai penanganan yang berbeda dan bersifat individual untuk mencapai hasil yang optimal.