TERAPI OKUPASI | Terapi Wicara | Konsultasi Psikologi | Program | Kurikulum | Ekstrakulikuler | Profil Terapis dan Pengajar

 

Terapi Okupasi

Terapi Okupasi adalah terapi untuk meningkatkan okupasional seseorang; dalam hal ini mencakup aktifitas keseharian seperti menulis, keterampilan tangan, belakar di kelas, bersosialisai, berpakaian, rawat diri, bermain, memanjat. berayun, melompat, mengemukakan ide, menyusun tugas, dan sebagainya.

Untuk melakukan okupasional tersebut diperlukan koordinasi gerak, atensi dan konsentrasi, kekuatan, otot, keseimbangan. kemampuan berinteraksi sesial, reflex, kendali diri, dan sebagainya.

Peran Terapi Okupasi adalah membantu menungkatkan kemampuan tersebut diatas melalui aktifitas terapeutik yang sesuai dengan program terapi anak sehingga dapat melakukan aktifitas keseharian dengan mandiri.

Jenis-jenis gangguan yang memerlukan terapi okupasi
- Gangguan konsentrasi
- Gangguan motorik (gerak, clumsiness)
- Kesulitan belajar
- Gangguan sensori (tidak mau dipeluk, takut ketinggian, gangguan keseimbangan)
- Ganggan tumbuh kembang (terlambat bicara, terlambat berjalan)
- Gangguan perilaku dan emosi (tantrum/marah-marah)
- Gangguan interaksi sosial (menghindari kontak mata, asyik bermain sendiri)
- Hiperaktif
- Keterbelakangan mental
- Kelumpuhan otak/keterlambatan perkembangan pada otak (Cerebral Palsy)

Metode Sensori Integrasi

Terapi okupasi memiliki beberapa metode terapi yang salah satunya adalah metode Sensori Integrasi. Metode ini membantu anak untuk dapat memproses input-input sensori yang ada di sekitarnya, yang masuk melalui indera penglihatan, pengecapan, peraba, proprioseptif dan vestibular sehingga menghasilkan output berupa respons yang sesuai. Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Jean Ayres, Ph.D., OTR, seorang terapis okupasi dari Amerika Serikat pada tahun 1972

Metode Sensori Integrasi (SI) membantu proses sensori seseorang untuk meningkatkan kemampuan beratensi dan berkonsentrasi, mengkoordinasikan gerakan, berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan, kemampua mengendalikan emosi, menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan akademis seperti membaca, menulis, memahami materi pelajaran, mengemukakan ide, dan sebagainya.
SARANA memfasilitasi pelaksanaan metode SI dengan penyediaan alat dan media terapi yang terstandarisasi secara internasional serta didukung oleh terapis profesional yang berkompeteng yang telah mengikuti seminar dan workshop baik di dalam maupun di luar negri.

Pelayanan Terapi Okupasi
- Konsultasi
- Pemeriksaan awal (Assessment)
- Penetapan program terapi
- Pelaksanaan program terapi (Individu maupun kelompok)
- Evaluasi program terapi (satu ataupun beberapa program yang terintegrasi)
- Rujukan ke ahli (bila diperlukan)
- Pelatihan dan seminar